Strategi Perkalian 2 Digit dengan Model Area

Model Area atau metode perkalian Area adalah cara visual yang digunakan untuk mengajarkan perkalian dua angka, terutama ketika mengalikan dua bilangan dua digit. Ini adalah metode yang sangat efektif untuk membantu siswa memahami konsep perkalian dan bagaimana bilangan-bilangan ini dihubungkan satu sama lain. Berikut adalah langkah-langkah strategi perkalian Area Model Multiplication untuk dua digit bilangan:

Mari kita ambil contoh perkalian 23 dengan 15:

Langkah 1: Bagi masing-masing bilangan dua digit menjadi angka tunggal:

  • 23 dibagi menjadi 20 dan 3.
  • 15 dibagi menjadi 10 dan 5.

Langkah 2: Gambarkan dua persegi panjang (atau area) yang mewakili kedua bilangan tersebut. Gunakan dua persegi panjang, satu untuk mewakili 20 dan satu untuk mewakili 10. Di dalam masing-masing persegi panjang, bagi area menjadi dua bagian, satu untuk mewakili angka puluhan dan satu untuk mewakili angka satuan.

  • Persegi panjang pertama akan memiliki dua bagian: 20 (puluhan) dan 3 (satuan).
  • Persegi panjang kedua akan memiliki dua bagian: 10 (puluhan) dan 5 (satuan).

Langkah 3: Hitung area masing-masing bagian persegi panjang dan tulis hasilnya di dalamnya:

  • Area persegi panjang pertama (20 x 10) adalah 200.
  • Area persegi panjang kedua (20 x 5) adalah 100.
  • Area satuan dari persegi panjang pertama (3 x 10) adalah 30.
  • Area satuan dari persegi panjang kedua (3 x 5) adalah 15.

Langkah 4: Jumlahkan semua area yang sudah dihitung:

  • 200 (dari area pertama)
  • 100 (dari area kedua)
  • 30 (satuan dari area pertama)
  • 15 (satuan dari area kedua)

Langkah 5: Totalkan hasil-hasil di atas:

  • 200 + 100+ 30 + 15 = 345

Jadi, 23 x 15 = 345. Itulah hasil perkalian dua bilangan, 23 dan 15, menggunakan metode Area Model Multiplication. Metode ini membantu siswa untuk secara visual memahami bagaimana perkalian bekerja dan bagaimana bilangan-bilangan ini dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk kemudian dijumlahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *