Meningkatkan Nasionalisme dan Keterlibatan Siswa melalui Metode BERKUDA MARINIR dalam Pembelajaran
Oleh Syafaruddin Marpaung, S.Pd., M.Hum. SMA Negeri 2 Kota Tanjungbalai Pendahuluan Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa yang mencintai bangsa dan negara. Semangat nasionalisme dan cinta tanah air harus ditanamkan sejak dini kepada siswa. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa rasa nasionalisme di kalangan siswa saat ini mulai menipis. Hal ini disebabkan oleh arus globalisasi […]
Inovasi My Life Map sebagai Asesmen Awal Nonkognitif di Tahun Ajaran Baru Kurikulum Merdeka
Oleh: Syafaruddin Marpaung, S.Pd., M.Hum Guru SMA Negeri 2 Kota Tanjungbalai Pendahuluan Teknologi yang berkembang pesat menuntut guru untuk selalu beradaptasi. Guru harus selalu menemukan cara-cara baru yang lebih efektif dalam menyampaikan materi kepada siswa. Inovasi dalam pembelajaran memungkinkan guru untuk menciptakan lingkungan belajar dinamis dan interaktif. Inovasi juga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. […]
Membangun Makna Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi
Oleh: Ahmad Hidayat, M.Pd Guru SDN Tugu Selatan 03 Dewasa ini, pendidikan tidak hanya dipandang sebagai sebuah kegiatan formal dalam menuntaskan wajib belajar belaka. Pendidikan telah bertransformasi menjadi suatu proses yang menyeluruh. Proses yang tidak hanya bertumpu pada tujuan belajar apalagi hanya sekadar lulus. Proses yang dimana murid mampu mengembangkan seluruh potensinya dengan gaya belajar […]
Numerasi Menyenangkan, Peserta Didik Kian Cekatan
Oleh: Lina Puspitaning Rahayu, S.Pd. Guru SD Negeri Gembongan, Kulon Progo Numerasi menjadi salah satu kemampuan dasar yang perlu dimiliki setiap individu. Apa itu numerasi? Numerasi adalah kemampuan berpikir untuk menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dalam berbagai jenis konteks yang relevan dengan individu (Perdirjen GTK Kemendikbudristek No. 0340/B/HK.01.03/2022). Dalam […]
Kewirausahaan sebagai Bekal Siswa Menjawab Tantangan Global
Oleh: Mita Septiana Guru SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta Tantangan global saat ini mendesak seluruh dunia pendidikan untuk mempersiapkan bekal masa depan siswa menjadi generasi bertalenta. Maksud bertalenta disini adalah siswa sejak dini sudah dibekali dengan berbagai macam skill atau keterampilan. Sekolah mempunyai peran strategis untuk membekali lulusannya menjadi kreatif dan memiliki kecakapan hidup (life skill) […]
Menghidupkan Komunitas Belajar Sekolah
Oleh: Lina Puspitaning Rahayu, S.Pd. Guru SD N Gembongan, Kulon Progo Pendidik merupakan salah satu faktor penting dalam kemajuan pendidikan. Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dijelaskan bahwa pendidik merupakan pendidik profesional yang memiliki tugas utama berupa mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan mengevaluasi peserta didik baik pada pendidikan usia dini, […]
Mewaspadai Sisi Lain dari Kurikulum Merdeka
Oleh: Jefrianus Kolimo, S.Pd., Gr SMP Negeri 2 Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, NTT Rasanya tidak salah jika tahun 2023, saya sebut sebagai salah satu tahun bersejarah dalam sistem pendidikan nasional kita. Hal ini karena kita mengalami transisi kurikulum pendidikan dari kurikulum 2013 beralih ke kurikulum merdeka. Perubahan ini dilakukan secara bertahap. Sejak tanggal 6 […]
Optimalisasi Peran Perpustakaan dalam Menumbuhkan Literasi
Oleh: Jefrianus Kolimo, S.Pd., Gr SMP Negeri 2 Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, NTT Perpustakaan memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi masyarakat. Dari tahun ke tahun, saat ini jumlah perpustakaan di Indonesia sudah mencapai angka 164.610 unit. Jumlah tersebut hanya kalah dari India. Jumlah Perpustakaan di India tercatat sebanyak 323.605 unit (Media Indonesia.com, 14/03/2019). Karena […]
Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan
Oleh: Mita Septiana SMP Muhammadiyah 10 Kota Yogyakarta, DIY A. PENDAHULUAN Implementasi kurikulum merdeka telah berjalan kurang lebih tiga tahun di Indonesia dan memberikan warna yang lebih eksploratif pada sistem pendidikan nasional kita. Pelaksanaan kurikulum merdeka terbagi tiga waktu pelaksanaan yaitu intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Pada kegiatan pembelajaran intrakurikuler memliki ragam dan konten agar peserta […]
Inovasi dalam Pembelajaran Procedure Text: Menghadirkan PBL dengan Pemanfaatan Barang Bekas di Era Kurikulum Merdeka
Oleh: Syafaruddin Marpaung, S.Pd.,M.Hum. SMA Negeri 2 Kota Tanjungbalai Dalam era perkembangan teknologi dan informasi yang pesat, pendidikan memiliki tantangan baru dalam menghadirkan pembelajaran yang menarik dan relevan bagi siswa. Kurikulum Merdeka merupakan konsep pendidikan yang memberikan kebebasan kepada guru untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa. Salah satu model pembelajaran yang […]