Jejak Langkah Pendidikan Guru Penggerak
Oleh: Eko Mulyadi (Guru Penggerak Angkatan 5 Kota Yogyakarta) SMK Negeri 3 Yogyakarta, Jl.W. Monginsidi 2 Yogyakarta Pendahuluan Setiap guru adalah penggerak bagi diri sendiri, murid-murid, bahkan lebih lagi bagi teman sejawat sesama guru, sekolah dan lebih luas lagi adalah bagi komunitas. Namun keabsahan guru penggerak perlu legalisasi sah dari program pendidikan guru penggerak yang […]
Urgensi Kurikulum Merdeka
Oleh : Rd. Achmad Surya Mi’raj Zain, S.Pd SDN Murung Raya 1, Kalimantan Selatan Mendengar kata merdeka, sudah barang tentu kita mempersepsikannya dengan kebebasan. Sebagai makhluk sosial manusia memiliki hak untuk merdeka tanpa terkungkung dalam belenggu penjajahan. Lalu bagaimana pelaksanaan konsep merdeka di dalam dunia Pendidikan. Menurut Ki Hadjar Dewantara Bapak Pendidikan Indonesia, mendidik dan […]
Pemanfaatan Ragam Teks Tiktok dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
Oleh: Surya Ningsi Buana Hati Samosir SMA Negeri 1 Mendoyo, Bali Prolog Pemanfaatan ragam teks Tiktok terbukti mampu membangkitkan minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan oleh penulis, responden/siswa berjumlah 35 orang di SMA Negeri 1 Mendoyo cenderung memberikan respons positif terhadap pemanfaatan ragam teks Tiktok. Guru dapat memperkaya pembelajaran […]
MEMPUBLIKASIKAN KARYA TULIS ILMIAH DI JURNAL MILIK PPPPTK MATEMATIKA
PENDAHULUAN Guru merupakan tenaga profesional yang memiliki fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam pencapaian visi pendidikan , yaitu menciptakan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat, sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara […] Continue reading
Yuk, Cegah Hipertensi Sejak Dini
Oleh: dr. Wijayatun Handrimastuti Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah di dalam arteri. Seseorang dikatakan terkena hipertensi bila tekanan darah sistolik >140 mmHg dan diastolik >90 mmHg. Pengukuran dilakukan 2 kali dalam waktu yang berbeda dan dilakukan pada saat istirahat dengan posisi duduk atau berbaring. World Health Organization (WHO) memperkirakan jumlah hipertensi di seluruh dunia sekitar […] Continue reading
Kisi-Kisi Soal UKG 2015
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menggelar Uji Kompetensi Guru secara online yang dilaksanakan mulai tanggal 9 s.d 27 November 2015 di seluruh wilayah Indonesia. UKG tahun 2015 akan diikuti oleh semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS dengan jumlah jenis soal yang akan diujikan adalah 192 mata pelajaran/guru kelas/paket keahlian/BK. Hasil […] Continue reading
Mengenal Kemas Ulang Informasi
Oleh : Sri Pudjiastuti Informasi bermakna serangkaian simbol yang dimaknai sebagai pesan, direkam sebagai tanda, atau dikirm layaknya sinyal. Secara konseptual, informasi merupakan pesan (ucapan atau ekspresi) yang disampaikan. Menurut kamus Meriam-Webster memberikan batasan bahwa informasi itu pengetahuan yang didapatkan tentang seseorang atau sesuatu; fakta atau rinci sebuah subjek. […] Continue reading
Ketika Penugasan Kelompok disajikan di selembar Fotocopyan
Oleh : Estina Beberapa waktu yang lalu kami berkesempatan untuk melakukan observasi pembelajaran di salah satu SD di Jawa Timur. Tepatnya adalah kelas IV SD. Materi yang disampaikan adalah materi penjumlahan dan pengurangan. Salah satu metode pembelajaran yang dipakai guru pada proses pembelajaran tersebut adalah dengan belajar kelompok menyelesaikan tugas-tugas terkait dengan penjumlahan dan pengurangan. […] Continue reading
Pentingnya Analisis Buku Siswa Dalam Implementasi Kurikulum 2013
Oleh : Adi Wijaya Perbedaan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya salah satunya adalah adanya buku siswa dan buku guru yang sudah disediakan oleh pemerintah pusat sebagai buku wajib sumber belajar di sekolah. Buku siswa menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Dalam proses belajar, peserta didik dipacu untuk […] Continue reading