Atube Catcher: Tool Video Multi Fungsi

Oleh : Muh Tamimuddin H Video merupakan salah satu jenis multimedia yang cukup populer. Jika kita menjelajah di Internet maka kita dapat memperoleh banyak video yang menarik dengan berbagai topik yang ada. Tengok saja situs youtube.com maka dengan mudah akan kita temukan jutaan video yang diorganisasi sesuai kategori. Video-video yang ada bukan hanya untuk keperluan […] Continue reading

Continue Reading →

Penalaran dengan Analogi? Pengertiannya dan Mengapa Penting?

Oleh : Fadjar Shadiq Dikenal dua macam penalaran, yaitu penalaran induktif (induksi) dan penalaran deduktif (deduksi). Analogi merupakan bagian dari penalaran induktif. Bagian penalaran induktif lainnya adalah ‘generalisasi’. Penalaran biasanya didefinisikan sebagai kegiatan, proses atau aktivitas berpikir untuk menarik suatu kesimpulan atau membuat suatu pernyataan baru berdasar pada beberapa pernyataan yang diketahui benar ataupun dianggap […] Continue reading

Continue Reading →

EPUB: Format Buku Digital Masa Depan

Oleh : Muh Tamimuddin H Berbicara tentang perkembangan ilmu pengetahuan tentu tak lepas dari peranan buku. Meski teknologi sudah berkembang pesat, buku tetap saja mengambil peranan penting. Hadirnya perangkat teknologi seperti komputer atau gadget tidak lantas menggusur buku. Meski secara fisik buku dan penerbitan tercetak mengalami dampak yang besar dengan adanya teknologi digital, buku tetap […] Continue reading

Continue Reading →

Tiga Hal yang Sering Ditanyakan Guru

Oleh : Fadjar Shadiq, M.App.Sc Ketika memfasilitasi kegiatan diklat di PPPPTK Matematika ada tiga pertanyaaan yang sering ditanyakan peserta diklat. download file artikel Continue reading

Continue Reading →

Upaya Pemerataan Akses Pendidikan (DIKLAT) Melalui Berbagai Bentuk Kegiatan Diseminasi Hasil Diklat

Oleh: Adi Wijaya Salah satu permasalahan yang dihadapi P4TK Matematika berkaitan dengan  peningkatan kompetensi guru adalah terbatasnya jumlah kuota diklat setiap tahunnya dibandingkan dengan jumlah guru Matematika yang ada di Indonesia.Dengan demikian peluang untuk dapat mengikuti diklat di P4TK Matematika secara tatap muka langsung sangatlah kecil. Dengan melihat kenyataan ini maka diseminasi atau pengimbasan hasil […] Continue reading

Continue Reading →

Diklat Guru Di Era Digital

Oleh : MUH. TAMIMUDDIN H Sudah beberapa malam Kartiyem seperti tak mau lepas dari laptopnya. Guru matematika di wilayah Lampung Tengah ini hampir setiap saat selalu online. Meski lokasi tinggalnya jauh dari kota besar dan dengan sinyal yang seadanya tak menyurutkan semangatnya untuk belajar melalui Internet. Di pulau lain, tepatnya di Nunukan, Kalimantan TImur yang […] Continue reading

Continue Reading →

Perubahan Kurikulum dan Tugas Guru

    Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2013 baru saja usai, torehan hitam mewarnai agenda tahunan yang digelar oleh Kemendikbud sebagai pemegang otoritas pelaksanaaan asesmen  pendidikan  skala nasional. Digelarnya ujian yang tidak serentak (khususnya jenjang SMA/SMK), kualitas pencetakan soal, lembar jawab yang tipis, serta isu kebocoran masih menghiasi media masa terkait pelaksanaan UN. Isu ini […] Continue reading

Continue Reading →

Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa ( LKS ) sebagai Bahan Ajar

Oleh : Dra. Theresia Widyantini, M.Si Sebelum pelaksanaan  pembelajaran di kelas, seorang  guru perlu  menyiapkan bahan ajar yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang lengkap akan membantu guru dalam  mengajar, dan membantu siswa dalam proses belajar. Suatu bahan ajar ikut menentukan pencapaian tujuan pembelajaran. Lembar kegiatan siswa atau sering disingkat dengan LKS yang dibuat […] Continue reading

Continue Reading →

Pertanyaan Terbuka: Contoh dan Pengertiannya serta Mengapa Penting Bagi Siswa?

Oleh : Fadjar Shadiq, M.App.Sc Penyempurnaan, pengembangan, dan inovasi pembelajaran matematika melalui revisi kurikulum akan selalu dilaksanakan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di antara hasil terbaru yang harus dijadikan acuan para guru matematika adalah: ‘Pengembangan Kurikulum 2013’(Kemdikbud, 2012). Sebagai pendidik matematika sudah seharusnya kita merasa gagal melihat bangsa lain di Asia seperti Jepang dan […] Continue reading

Continue Reading →

Bagaimana Cara Guru Memudahkan Siswanya Mengingat Pelajaran?

Oleh : Fadjar Shadiq, M.App.Sc Merupakan suatu kenyataan yang tidak dapat dibantah bahwa para siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA memiliki pikiran, keinginan, harapan, kepribadian, dan sifat yang berbeda antara satu siswa dengan siswa lainnya. Perbedaan yang paling nyata di bidang intelektual, dapat ditengarai dengan adanya siswa yang sangat cepat, biasa-biasa saja, dan bahkan ada juga yang […] Continue reading

Continue Reading →